Arah Evolusi Honda City Terbaru 

GATRA - Thursday, 20 April 2017 23:58

Jakarta, GATRAnews - Satu bulan sejak diluncurkan, Honda Prospect Motor (HPM) sudah menerima inden sebanyak 128 unit Honda City terbaru atau sekitar 10 persen dari target tahun ini dikisaran 1200 unit.  Target ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian penjualan tahun lalu yang mencapai 1201 unit.

 

Honda City pertama kali diluncurkan di Indonesia sejak tahun 1996. Saat itu target konsumennya adalan mereka yang baru memiliki mobil pertama.  Honda City diposisikan sebagai entry level bagi sedan-sedan diatasnya seperti Civic dan Accord. "Honda City dinilai berhasil menjalankan perannya itu dengan baik. Dia menjadi salah satu pilar bagi perkembangan model-model Honda lainnya. Berkat Honda City, konsumen yang puas kembali membeli model Honda," kata Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director HPM, Kamis (20/4). 

 

Selama 20 tahun dipasarkan di Indonesia, populasi Honda City telah mencapai 69.051 unit.  "New Honda City menjadi model mini sedan terlaris di Indonesia dengan market share mencapai 44 persen," klaim Jonfis. Saat ini, segmen dimana Honda City berada hanya ada dua pemain. Selain City adalah Toyota Vios.

 

Namun dengan perkembangan jaman,  pilihan model-model baru direntang harga yang sama mendorong Honda melakukan evolusi peran City. Arahnya adalah menjadikan City sebagai trendsetter di kelasnya. Honda City berganti peran dari entry level menjadi model yang selalu menawarkan fitur-fitur terbaik di kelasnya. Jonfis mencontohkan lampu depan LED yang sekarang di pakai City. Lampu ini dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) untuk menambah keamanan sekaligus estetika. Peran sebagia kendaraan entry level sekarang diturunkan pada Brio Satya dan Mobilio. 

 

Ketika diluncurkan 16 Maret 2017 lalu, New Honda City menyajikan perubahan eksterior termasuk desain baru yang semakin tajam dan dinamis pada bumper depan, grill depan, fog lamp dan bumper belakang. Tampilan baru juga tampak pada desain alloy wheel 16 yang semakin sporty.

 

Nilai plus lain adalah adalah ruang yang lega. Baik penumpang depan apalagi penumpang belakang. Penumpang bertubuh jangkung sekalipun bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan karena ruang kaki yang lebih dari cukup. Kenyamanan bertambah dengan arm rest yang dilengkapi dengan cupholder. Ruang bagasi juga lapang dengan volume mencapai 485 liter. Fleksibiltas ruang bagasi juga meningkat karena sandaran kursi belakang bisa dilipat sehingga bisa membawa barang berukuran panjang. 

 

Nuansa sporty terasa saat menghidupkan mesin dimana pengemudi cukup menekan tombol start/stop (keyless). New Honda City menggunakan mesin empat silinder 1.5 SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 14.8 kg.m pada 4600 rpm yang merupakan tenaga besar di kelasnya. 

 

New Honda City tersedia dalam varian E baik transmisi CVT maupun manual 5 percepatan. Harganya dijual dari Rp 312 juta untuk tipe E manual dan Rp 322 juta untuk tipe E CVT. Meskipun terbilang lengkap, ada fitur yang tidak disediakan contohya, rear view camera

 


Editor: Rosyid

Last modified on Friday, 21 April 2017 10:17