Gelar di Ogan Ilir, Kejurnas Rally 2017 Buka Kelas Jeep

GATRA - Thursday, 20 April 2017 03:06
Perwakilan IMI Pusat seusai memantau kesiapan wilayah Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sebagai tuan rumah seri pembuka Kejurnas Rally 2017, Agustus mendatang. (GATRAnews/Dok. IMI)

Jakarta, GATRAnews – Ogan Ilir didapuk menjadi tuan rumah putaran pembuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2017, yang direncanakan bakal digelar di Sirkuit Tanjung Senai, 20 Agustus 2017 mendatang.



Hal ini terungkap setelah beberapa waktu lalu, Direktur Rally dan Sprint Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rifat Sungkar, yang didampingi Poedio Oetojo, Sekretaris Olahraga IMI Pusat, melakukan peninjauan langsung ke lokasi sirkuit.

Dalam kesempatan itu juga, kedua perwakilan IMI Pusat tersebut bertemu langsung dengan Ketua IMI Sumsel, Augie Bunyamin dan Ketua Harian IMI Sumsel, Barnas Bursyah. Setelah melalui kesepakatan bersama, IMI menilai bahwa Ogan Ilir merupakan kawasan yang strategis untuk membuka ajang itu.

“Lintasan sudah disurvei bersama-sama, baik oleh IMI Sumsel maupun oleh IMI Pusat. Lintasan sebenarnya saat ini sudah siap untuk digunakan, karena karakternya adalah perkebunan yang memang dirawat terus, hanya butuh pemeliharaan ringan seperti kebersihan lingkungan sekitar agar terus dijaga hingga hari perlombaan,” jelas Augie.

Sejatinya, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan ini telah sering digunakan sebagai lokasi rally nasional yang sempat jaya di tahun 90-an, dimana kala itu wilayah Ogan Ilir saat itu masih bernama Kecamatan Indralaya.
 
"Karena itulah, kami ingin menghidupkan lagi ajang itu disini. Setelah sepuluh tahun menjadi kabupaten, baru sekarang ada kesempatan untuk menggelar rally. Tentunya pihak bupati benar-benar mendukung kegiatan ini, karena selain itu juga, even otomotif seperti rally ini bisa memperkenalkan kabupaten Ogan Ilir kepada masyarakat di luar Sumsel,” tambah Barnas.

Sementara bagi Rifat, waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan HUT RI ke-72 diharapkan bisa menambah semangat dan motivasi para peserta yang akan mengikuti kejuaraan tersebut.

“Harapannya adalah agar perlombaan ini bisa menjadi putaran pembuka yang baik dan juga bisa menyalurkan semangat-semangat positif dari para peserta. Selain itu saya berharap agar Kejurnas Rally 2017 bisa membawa rally menjadi cabang olahraga yang lebih berkualitas dan semakin diminati,” ucapnya.

Ia menambahkan, “IMI juga berupaya agar antusiasme para peserta di kejurnas ini bisa lebih meningkat, karena membuka kelas Jeep. Kami mengajak seluruh penggemar otomotif yang ada di Sumsel yang selama ini banyak ikut di even offroad bisa berpartisipasi. Ini merupakan langkah sosialisasi yang ingin kami suarakan bahwa rally juga membuka kelas Jeep,” pungkas Rifat.


Editor: Toha