Michelin Indonesia Jadikan Pelajar Sebagai Ambassador Berkendara Beretika

GATRA - Monday, 09 October 2017 12:21
Para siswa-siswi sedang mengikuti sesi praktek program Michelin Safety Academy di Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang. (GATRA/Dok. Michelin)

Serpong, gatra.com - Usai melakukan kick-off program Michelin Safety Academy (MSA), PT Michelin Indonesia melaksanakan fase kedua dari program ini yakni safety driving course di Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang, Sabtu (7/10) lalu. Sebanyak 400 pelajar dari 10 Sekolah Menengah Atas terpilih di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Cilegon, diberikan berbagai pelatihan teori kelas dan praktek.



Di tahapan yang berlangsung selama sehari penuh ini, materi yang diberikan yaitu pengetahuan dasar orientasi kendaraan, pengetahuan ban, posisi duduk yang benar, perlengkapan berkendara hingga prosedur berkendara secara aman dari para instruktur Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jakarta.

Selain itu, terdapat juga pengetahuan tentang budaya keselamatan di jalan raya, pokok-pokok panduan mengemudi, teknik pengereman hingga teknik berkendara yang aman.

“Michelin memberikan kesempatan bagi para siswa-siswi SMA, melalui Michelin Safety Academy, untuk membekali diri dengan persiapan yang matang sebelum menghadapi ujian SIM,” ujar Nora Guitet, Direktur Public Affairs & Corporate Communication Michelin Indonesia.

“Para pengendara pemula lulusan Michelin Safety Academy dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan menginsipirasi generasi muda untuk menjadi pengendara yang bertanggung jawab,” tambah Nora.

Sesi praktik menggunakan sepeda motor. (Dok. Toha)

Putu Yudha, Marketing Director PT Michelin Indonesia, mengatakan bahwa dengan dukungan Korlantas dan IMI DKI Jakarta, di tahap kedua program ini diberikan berbagai pelatihan untuk para pelajar cara berkendara yang aman, agar mereka dapat menjadi pengendara yang bertanggung jawab.

Nantinya, seluruh peserta yang telah mengikuti sesi safety driving course dan lolos tes, berlanjut untuk ikut uji SIM A atau C di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat, dengan mengikuti prosedur ujian praktik membuat SIM pada 14 Oktober mendatang.

“Sebagai bagian dari Michelin Safety Academy, kami juga ingin menanamkan kesadaran bahwa memiliki SIM merupakan keharusan dalam berkendara, dan untuk menjadi seorang pengendara yang bertanggung jawab,” ujar Putu Swaditya Yudha, Regional Marketing Director - Indonesia Malaysia Singapore, yang hadir dalam acara itu.

Tiga orang coaches juga dilibatkan dalam kegiatan MSA kali ini yaitu Fitra Eri dan Diandra Gautama – keduanya merupakan pembalap profesional – dan MotoMobi, pengamat otomotif di dunia media sosial. Ketiganya diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para pelajar untuk dapat menjadi pengendara yang bertanggung jawab.

MSA merupakan implementasi dari kampanye Michelin di Indonesia yang memastikan keamanan selalu menjadi bagian penting dari inovasi perusahaan, berdasarkan pada tiga pilar, yaitu keamanan melalui pemberian edukasi yang berkelanjutan mengenai berkendara aman, inovasi produk dan pelayanan serta dukungan purna jual prima.


Editor: Toha