Diecaster Enthusiast Siap 'Berlebaran' Akhir Bulan Ini

GATRA - Thursday, 12 October 2017 16:46
'Muscle Power' menjadi tema yang diusung pada penyelenggaraan IDE tahun ini. Chris Stangler didaulat untuk menuangkan ide-ide briliannya dalam menggarap sejumlah diecast yang menjadi event cars. (GATRA/Dok. Toha)

Jakarta, gatra.com - Tak bisa dipungkiri, gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) seperti didaulat menjadi ajang temu kumpul seluruh pecinta mobil 'mungil' di Tanah Air. Hingga memasuki tahun ketiga pada 2016, gathering akbar tersebut sukses mendatangkan para diecaster entusiast. Tercatat pada tahun lalu berhasil menyerap pengunjung sampai 13 ribu orang lebih selama dua hari penyelenggaraan.



Kini, even serupa kembali dilaksanakan untuk keempat kalinya. Menempati lokasi yang sama dari tahun ke tahun, yakni di Balai Kartini, Jakarta Selatan, The 4th IDE 2017 bakal digelar pada 28 - 29 Oktober mendatang, dengan mengusung tema 'Muscle Power'.

Jajaran mobil mini khas Negeri Paman Sam yang mengacu pada tenaga besar dari berbagai tipe, dipastikan bakal meramaikan IDE tahun ini. Menurut Vero Sahetapy, Ketua Panitia IDE 2017, tema ini dipilih karena mobil jenis tersebut sedang booming dan diklaim punya banyak penggemar di Indonesia.

"Ajang ini menjadi 'lebarannya' para pecinta diecast di Indonesia. Dengan tema yang berbeda ditiap penyelenggaraannya, kami yakin makin banyak maniak diecast yang datang. Dan kami sudah 100% siap menggelar diecast expo untuk tahun ini," jelas Vero disela-sela temu media di Jakarta, Rabu (11/10/ lalu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IDE terus berusaha menampilkan acara yang lebih dari sekedar ajang jual beli diecast. Tapi lebih kepada acara diecast terlengkap dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

Terbaru dalam acara ini adalah datangnya diecast customizer dari Amerika Serikat, Chris Stangler. Chris merupakan customizer yang kerap menunjukkan karya-karyanya pada model muscle car. Dan pada IDE 2017, Chris terlibat dalam penggarapan sejumlah diecast yang menjadi event cars.

IDE 2017 didaulat menjadi 'lebarannya' para diecaster enthusiast di Indonesia.

Selain itu, Vero menyebutkan Chris bakal menyapa para kolektor diecast di Indonesia dalam sebuah acara makan malam bertajuk Collectors Night. Di sini, Chris akan melelang barang-barang hasil kreasinya.

"Acara ini merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan IDE demi meningkatkan taraf dan kualitas satu-satunya acara diecast di Indonesia ini. Hal ini bermakna bahwa IDE senantiasa berusaha mengembangkan dunia diecast dan miniatur di Indonesia, dengan memfasilitasi keinginan para diecaster di Indonesia," lanjut Vero.

Selain menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, IDE juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan 15 komunitas diecast. Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas, dan tidak untuk dijual.

Selain itu, acara rutin seperti diecast race, diecast custom competition, diecast photo contest, display diorama, dan seabrek acara diecaster lainnya juga telah disiapkan demi memanjakan kaum pecinta diecast dan miniatur.

Tak lupa juga bakal dipajangnya enam muscle car sungguhan koleksi para penggemar mobil klasik di Indonesia, serta kartu Flazz edisi diecast yang bisa didapatkan hanya saat acara berlangsung.

Dengan harga tiket Rp 40.000, Anda bisa menjelajahi keanekaragaman 'muscle car' dalam bentuk mobil mini. Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak kali pertama, IDE juga akan mengumpulkan donasi dari kolektor, komunitas, dan panitia.

Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang kepada pengunjung. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara.


Editor: Toha