Irfan Kembali Jadi Ketum PiCA Masa Bakti 2017-2019

GATRA - Tuesday, 26 September 2017 19:42
Irfan, Ketua Umum baru PiCA masa bakti 2017-2019 ditengah-tengah para PiCAers yang mengikuti Munas PiCA 2017. Acara ini juga sekaligus untuk memperingati HUT PiCA ke-13 tahun. (GATRAnews/Dok. PiCA)

Cirebon, GATRAnews - Beberapa waktu lalu, Picanto Club Indonesia (PiCA) menggelar kegiatan musyawarah nasional (Munas) untuk memilih nakhoda baru kepengurusan 2017 - 2019. Kegiatan munas ini juga sekaligus untuk memperingati 13 tahun eksistensi PiCA di ranah komunitas otomotif di Indonesia.



Dalam kegiatan tersebut, PiCA chapter Cirebon didapuk sebagai tuan rumah yang mengambil tempat di Resort Prima Sangkan Hurip, kawasan Kuningan, Jawa Barat, 16-17 September lalu. Dapat dikatakan bahwa munas kali inilah yang pertama dihelat di luar kawasan Jabodetabek.

Ratusan PiCAers (sebutan untuk para anggota PiCA) dari berbagai wilayah pun turut meramaikan dua agenda tersebut. Mulai dari yang berdomisili di Serang, Banten, Jabodetabek, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Magelang hingga yang datang dari area Jawa Timur.

Ketua Pelaksana Munas PiCA 2017, Rizki Yudha Maulana, yang juga merupakan koordinator PiCA Cirebon mengatakan inilah kali pertama even munas PiCA digelar di luar area Jabodetabek. Agenda tersebut, lanjut Yudha, juga dalam rangka memperingati HUT PiCA ke-13 yang jatuh pada 6 September lalu.

"Setelah menjalani dua tahun masa kepengurusannya, tim pengurus PiCA periode 2015-2017 yang dikomandoi oleh Irfan memasuki purna masa pengabdiannya. Karena itulah kami menggelar munas ini untuk memilih ketua umum baru periode 2017-2019," ujar Yudha dalam siaran resminya, Senin (25/9) lalu.

Sebelumnya, PiCA mengadakan serangkaian kegiatan. Seperti pembentukan panitia untuk pemilihan Ketua Umum baru (Tim Formatur, Tim Pelaksana dan Tim Teknis), penjaringan nama-nama calon Ketua Umum melalui online voting (e-voting) yang diadakan oleh panitia, serta dilanjutkan dengan kegiatan verifikasi terhadap para calon Ketua Umum yang memenuhi sejumlah kriteria tertentu termasuk kesediaannya untuk dicalonkan.

Rombongan PiCAers menuju Cirebon. (Dok. PiCA)

Setelah tahapan e-voting tersebut, panitia memberikan kesempatan bagi para PiCAers dari berbagai daerah di Indonesia untuk memilih sendiri calon Ketua Umum. Dari hasil e-voting, muncul dua calon Ketua Umum, yaitu Irfan (PiCA 0077) dan Kevinlie Adiguna (PiCA 0684).

Acara puncak Munas diawali dengan penyampaian pertanggungjawaban kepengurusan masa bakti sebelumnya secara umum oleh Irfan, yang dilanjutkan dengan pemaparan singkat tahapan pemilihan oleh Tim Formatur.

Selanjutnya diadakan sesi perkenalan, penyampaian visi misi dan garis besar program kerja dari tiap calon Ketua Umum serta dilanjutkan dengan sesi penyampaian pendapat para calon Ketua Umum dalam menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh tim panelis dan sejumlah PiCAers yang hadir dalam acara MuNas tersebut.

Setelah melalui proses penghitungan suara, akhirnya Irfan kembali terpilih sebagai Ketua Umum PiCA masa bakti 2017-2019. Untuk selanjutnya Ketua Umum baru akan membentuk sebuah tim kepengurusan dan mulai aktif melaksanakan berbagai kegiatan komunitas selanjutnya.

“Kami berharap dengan bertambahnya usia PiCA di tahun ke-13 ini dan dengan adanya kepengurusan yang baru, dapat membuat Picanto Club Indonesia (PiCA) semakin terasa kebersamaannya dan semakin solid,” pungkas Irfan.

Munas kali ini juga menjadi sesuatu yang berbeda karena panitia juga menghadirkan sesi coaching clinic dengan menghadirkan Kepala Bengkel KMI Cabang Bintaro.


Editor: Toha