Wahana Terus Tingkatkan Kualitas Guru SMK Binaan Astra Honda

GATRA - Tuesday, 10 October 2017 10:09
Para guru SMK binaan Astra Honda mengikuti uji sertifikasi yang digelar oleh Wahana. (GATRA/Dok. WMS)

Jakarta, gatra.com – Main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), menggelar ujian Sertifikasi Guru SMK Teknik Sepeda Motor Binaan Honda, di Technical Training Center Wahana, Jatake, Tangerang, Jumat (06/10) lalu.



Seluruh guru SMK Binaan Astra Honda ini diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut guna menghasilkan kualitas pendidikan yang maksimal. Tidak hanya sekali, seluruh tenaga pengajar tersebut mutlak mengikut tiga tahap sertifikasi yang diwajibkan yaitu Bronze, Silver dan Gold.

Untuk tahap bronze, sebanyak 11 tenaga pengajar turut ambil bagian bagian. Pada ujian ini, seluruh peserta diberikan materi uji seperti kelistrikan, sasis, PGM FI, mesin dan hal umum lain terkait sepeda motor Honda. Berjalan sejak pagi, peserta uji diawasi langsung tim Training Wahana.

“Setelah Wahana memberikan kurikulum, pembangunan laboratorium Honda, serta sepeda motor untuk sarana praktek, kami juga mengontrol kualitas guru dengan pengujian sertifikasi yang berjalan setiap tahunnya,” papar Head of Technical Service Function Wahana, Taufiqurrohman, dalam siaran resminya, Senin (9/10) lalu.

Taufiqurrohman menambahkan nantinya seluruh guru dari 54 SMK Binaan Honda yang berada wilayah Jakarta dan Tangerang bergilir mendapatkan uji sertifikasi serupa yang diadakan rutin setiap tahun.

Tidak hanya berguna untuk siswa SMK binaan Honda dan guru, langkah ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus diikuti guru dan sekolah untuk menjadikan seluruh SMK menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Kelistrikan menjadi salah satu materi uji. (Dok. WMS)

TUK sendiri merupakan tempat uji bagi lulusan SMK binaan yang tertarik bergabung dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang berada di wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Jadi, setelah mendapatkan sertifikasi, seluruh SMK binaan Honda akan menjadi tempat uji kompetensi bagi lulusan yang berminat gabung dengan jaringan AHASS Wahana,” tutur Taufiqurrohman.

Link and match menjadi satu program yang dijalankan PT Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan seluruh main dealer sepeda motor Honda di Indonesia, untuk mendidik sekaligus membuka lapangan pekerjaan lulusan SMK binaan Honda.

Sementara itu, Tidak hanya SMK umum yang memiliki jurusan teknik sepeda motor Honda yang mendapatkan kesempatan menjadi sekolah Binaan Honda. Wahana saat ini juga telah memberikan kesempatan dengan memberikan laboratorium Honda untuk sekolah luar biasa binaan Lapas anak Tangerang.

“Seluruh SMK bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Bahkan kami juga melakukan pembangunan laboratorium pemberian bantuan sepeda motor Honda untuk praktek, pembinaan, serta kesempatan bekerja bagi sekolah luarbiasa Lapasanak di Tangerang,” tutup Taufiqurrohman.


Editor: Toha