AHM Bekali Bikers Pelatihan Aman Berkendara Menuju Yogyakarta

GATRA - Wednesday, 11 October 2017 10:26
Tim PMI memberikan pengetahuan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Ini bertujuan membuka wawasan dengan prinsip dasar pertolongan pertama pada luka ringan hingga luka berat, seperti patah tulang pada korban kecelakaan. (GATRA/Dok. AHM)

Jakarta, gatra.com – Tinggal tiga hari lagi gelaran Honda Bikers Day (HBD) tahun ini bakal dilaksanakan, yang mengambil tempat di Landasan Udara Gading, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (14/10) nanti. Dan PT Astra Honda Motor (AHM) pun menuntaskan rangkaian 'pembekalan' yang dipersiapkan untuk para bikers yang bakal melesat ke sana.



Pelatihan keselamatan berkendara bertajuk "Cari_Aman Gas ke Honda Bikers Day", para bikers yang telah mendaftarkan diri diajak untuk mengikuti rangkaian aktivitas mulai dari pembekalan #Cari_Aman Safety Riding, Safety Touring, serta pelatihan Basic Life Support Training pada saat melakukan perjalanan jarak jauh.

General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM, A. Indraputra, mengatakan pembekalan ini menjadi bentuk tanggung jawab AHM dan seluruh jaringan Main Dealer Honda guna memastikan kesiapan para bikers dalam menempuh perjalanan ke HBD Nasional.

Sejatinya, lanjut Indraputra, pembekalan keselamatan berkendara tersebut sudah dilakukan secara rutin melalui berbagai kegiatan safety riding bersama komunitas di tiap regional. Dan kegiatan ini telah berlangsung sejak 10 September – 6 Oktober 2017 di Wing Dealer Honda dan Safety Riding Center main dealer Honda di seluruh Indonesia.

"Namun kali ini, kami meramu kegiatan edukasi dengan lebih intens agar keselamatan berkendara semakin menjadi prioritas utama para bikers Honda saat turing jarak jauh dan dapat tiba di lokasi HBD dengan selamat,” ujar Indraputra dalam keterangan resminya, Selasa (10/10) lalu.

Pengenalan kampanye keselamatan berkendara #Cari_Aman menjadi sesi awal. Selanjutnya, para bikers dibekali pengetahun safety riding gear yang wajib digunakan saat turing. Setelah itu dilanjutkan dengan pembekalan pengetahuan pembagian peran Road Captain dan Sweeper dalam melakukan turing.

Untuk Basic Life Support Training, para bikers diperkenalkan dengan pengetahuan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Ini bertujuan membuka wawasan dengan prinsip dasar pertolongan pertama pada luka ringan hingga luka berat, seperti patah tulang pada korban kecelakaan.

Materi diberikan langsung oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) dan tim medis di masing-masing wilayah. Selain dalam bentuk teori, juga diberikan dalam sesi praktik agar para bikers lebih memahami setiap tahapan saat memberikan pertolongan pertama pada korban.

Tak kalah penting, para bikers juga dibekali dengan informasi rumah sakit terdekat pada jalur touring yang dilalui. Pada HBD nasional tahun ini dijadwalkan sebanyak 2.100 bikers Honda bakal memadati venue.


Editor: Toha